Wednesday, February 09, 2011

yeay! I (actually) can bake

Gara-gara menonton Junior Masterchef di TV kabel dan youtube saya jadi terinspirasi untuk ikut memasak. Melihat anak-anak berumur 8-12 tahun berlomba memasak menu yang rumit, dari tumis-tumisan sampai bikin pasta sendiri, dari memasak daging kelinci sampai membuat kue cokelat souffle! Man, this kids are brilliant!

Akhirnya di suatu akhir minggu, saya terdorong ingin mencoba terjun ke dapur. Masak saya kalah sama anak-anak kecil? batin saya. Karena saya suka sekali cokelat, saya memutuskan untuk membuat brownies cokelat. Dengan penuh semangat saya berbelanja keperluan memasak, menimbang-nimbang dan menakar bahan-bahan (sebenarnya saya berharap bahan-bahan itu sudah tertata cantik diatas meja dapur dalam mangkuk-mangkuk kecil seperti dalam acara-acara memasak di televisi :), lalu mulai mencampur bahan-bahan dengan seringkali (baca: setiap lima detik sekali) melihat resep supaya tidak salah. Melihat adonan yang sangat kental, saya agak kuatir, apakah memang harusnya seperti ini? pikir saya dalam hati sambil terus mengaduk. dengan hati was-was dan ragu, saya mulai memasukkan adonan ke dalam loyang dan memasukkannya ke dalam oven yang sudah mulai panas. Akhirnya 30 menit kemudian, brownies matang, bau harum khas cokelat memenuhi ruangan dan hati saya langsung tenang. Looks like I don't screw this up :)

Saya mengeluarkan brownies cokelat nan hangat itu dari loyang, memotongnya dan langsung melahapnya. Hmmm..... it's really-really-really good! It's chocolatey, moist and delicious. keluarga dan teman-teman di kantor juga berpendapat sama. Ternyata, saya bisa bikin kue juga! Here are the recipes:

Most Chocolatey Brownies
100 gr butter
75 gr cocoa powder
100 gr wheat flour
200 gr sugar
100 gr dark cooking choc, chop in to small chunks
1/4 tsp baking powder
1/4 tsp vanilla essence
1/4 tsp salt

Pre-heat the oven 185'C. Mix butter, sugar & vanilla essence in a bowl. Sift flour, cocoa powder in another bowl, add baking powder & salt, add it to butter mix. Stir well, add choc chunks and chop of nuts if wanted. Pour in baking pan and bake for 25-30 minutes. Enjoy!



No comments: